Don't Show Again Yes, I would!

Asrul Sani Serahkan Bantuan Alsintan kepada Dua Kelompok Tani

LiteX.co.id, PALOPO – Dua Kelompok Tani (Poktan) yaitu Kelompok Tani Bete-Bete Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang dan Poktan Bersama Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Wara menerima bantuan dua (2) unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) berupa Combine Harvester Padi.

Penyerahan bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian RI melalui APBN tahun 2024 itu, dilaksanakan di Sekretariat Poktan Bete-Bete, Jl. Juanda, Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Muh. Ibnu Hasyim, dalam laporannya pada kesempatan itu mengungkapkan, penyerahan bantuan itu berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pertanian RI, Direktorat Jenderal Ketahanan Pangan Nomor: B.96/CN.01/C.6.1 II Tahun 2024 tanggal 20 Februari 2024, perihal Pengadaan Alsintan Pasca Panen Tanaman Pangan Tahun 2024.

“Surat penetapan Kementerian Pertanian ini, juga menetapkan Kelompok Tani Bete-Bete, dan Kelompok Tani Bersama, sebagai penerima bantuan Alsintan berupa Combine Harvester dengan tipe dan merek Bimo 102,” kata Ibnu Hasyim.

Ibnu Hasyim meminta Poktan, untuk memelihara dan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik baiknya.

“Kepada kelompok penerima, bahwasanya Alsintan ini tidak boleh dipindah tangankan, apalagi diperjualbelikan. Oleh karena itu, perlu pemeliharaan dan pemanfaatan yang sebaik baiknya,” jelas Ibnu Hasyim.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, dalam sambutannya menyampaikan, selamat kepada kelompok tani penerima manfaat.

“Manfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya. Tentu dengan adanya alat ini, dapat melancarkan dan mempermudah kita (petani) dalam mengolah lahan dan hasil-hasil pertanian,” kata Asrul Sani.

Biaya produksi, kata Asrul, akan berkurang dalam upaya untuk meningkatkan produktifitas hasil panen.

“Dan kita berharap dengan adanya bantuan ini, pertanian di Kota Palopo bisa meningkat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Asrul juga meminta Kadis Pertanian untuk terus berkoordinasi dengan kementerian pertanian.

“Pak Kadis jangan berhenti hanya di kelompok tani ini saja. Terus berkordinasi di Kementan karena banyak kelompok tani dan lahan pertanian yang luas di Kota Palopo ini,” ujarnya.

Sebelum diserahkan, Pj Wali Kota langsung mengecek dan mencoba mengoperasikan Combine Harvester bantuan dari Kementerian Pertanian ini.

Hadir pada penyerahan bantuan itu perwakilan unsur Forkopimda Kota Palopo, Camat Mungkajang, Camat Wara, Lurah Murante, Lurah Pajalesang, Penyuluh Pertanian dan anggota Poktan penerima manfaat serta undangan lainnya.(*)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *