Don't Show Again Yes, I would!

Dinas Pendidikan Kota Palopo Gelar Sosialisasi PPDB

LiteX.co.id, PALOPO – Dinas Pendidikan Kota Palopo menggelar sosialisasi mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2024-2025.

Acara tersebut diselenggarakan di aula Saokotae Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Palopo pada Sabtu (08/06/2024).

Asnita Darwis, selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, menjelaskan bahwa pelaksanaan PPDB Online 2024/2025 Kota Palopo, yang seluruh tahapannya dilakukan secara daring, akan dimulai pada tanggal 11-20 Juni 2024.

“Sosialisasi pelaksanaan PPDB kali ini akan berlangsung mulai April hingga Juni 2024. Pendaftaran PPDB akan dilaksanakan pada tanggal 11-20 Juni 2024, sementara verifikasi dokumen akan dilakukan mulai tanggal 12-21 Juni,” ungkapnya.

Asnita melanjutkan, pengumuman hasil verifikasi dokumen akan disampaikan pada tanggal 23 Juni 2024.

“Pendaftaran ulang akan dimulai dari tanggal 24 hingga 27 Juni 2024, dengan penetapan peserta didik baru pada tanggal 8 Juli 2024,” tambahnya.

Asnita juga menjelaskan mengenai proses penerimaan peserta didik baru untuk jenjang SD.

“Untuk jenjang SD, tersedia kuota sebesar 80 persen dalam kota, dengan tiga jalur seleksi yang dapat dipilih peserta didik. Jalur Afirmasi, yang memiliki kuota sebesar 15 persen, ditujukan bagi peserta didik yang memiliki dokumen PKH/PIP atau surat keterangan dari lembaga berkebutuhan khusus untuk penyandang disabilitas,” jelasnya.

“Selanjutnya, jalur Zonasi dengan kuota 80 persen, didasarkan pada radius jarak 3KM dari rumah ke sekolah yang dilihat melalui Google Maps, serta kartu keluarga peserta didik yang diterbitkan paling singkat satu tahun sebelumnya. Terakhir, jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen. Apabila kuota pada jalur Afirmasi dan jalur perpindahan orang tua tidak terpenuhi, maka akan dialihkan ke jalur Zonasi,” tambahnya.

Untuk jenjang SMP, terdapat empat jalur seleksi, yaitu Zonasi (70 persen), Afirmasi (10 persen), prestasi akademik dan non-akademik (15 persen), serta jalur perpindahan tugas orang tua (5 persen).

“Pada jalur prestasi, peserta didik dapat memilih prestasi nilai rapor, nilai akademik, maupun non-akademik,” pungkasnya.

Sosialisasi PPDB online ini dihadiri oleh para kepala sekolah, tenaga pendamping, dan operator sekolah SD dan SMP se-Kota Palopo.(*)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *