Don't Show Again Yes, I would!

Duka Pemilu: 27 Petugas KPPS Meninggal, KPU Beri Santunan.

Foto: Antara Foto

LiteX.co.id, NASIONAL – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 27 kasus kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2024.

KPU Berikan Santunan

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memastikan akan memberikan santunan kepada keluarga petugas KPPS yang meninggal dunia. Santunan tersebut terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Santunan kecelakaan kerja senilai Rp 36.000.000
  • Bantuan biaya pemakaman senilai Rp 10.000.000

Penyebab Kematian

Berdasarkan data Kemenkes, 9 dari 27 kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung. Penyebab lainnya termasuk kecelakaan, infeksi syok septik, hipertensi, dan kematian dalam perjalanan ke rumah sakit (death on arrival).

Penurunan Angka Kematian

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan angka kematian petugas KPPS pada Pemilu 2024 menurun dibandingkan dengan pemilu sebelumnya yang mencapai 894 orang.

Penurunan ini diyakini salah satunya dipengaruhi oleh kesadaran kesehatan yang meningkat dari masyarakat yang mengajukan diri sebagai petugas KPPS.

Informasi Lebih Lanjut

Informasi lebih lanjut mengenai santunan dan penyebab kematian petugas KPPS dapat diperoleh melalui:

Pesan Penutup

Kematian para petugas KPPS merupakan kehilangan besar bagi bangsa dan negara. Semoga santunan yang diberikan dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.(hiyotan)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *