Don't Show Again Yes, I would!

Fakta Menarik Tentang Hari Pers Nasional

LiteX.co.id, NASIONAL – Hari Pers Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 9 Februari untuk mengenang peran penting pers dalam sejarah bangsa Indonesia. Tahun ini, HPN 2024 mengangkat tema “Pers Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Di balik perayaannya, terdapat beberapa fakta menarik tentang HPN yang mungkin belum banyak diketahui:

1. Lahir dari Kongres PWI

Gagasan HPN pertama kali muncul pada Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-28 di Padang pada tahun 1978. Barulah pada tahun 1985, Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

2. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI

Tanggal 9 Februari dipilih karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun PWI, organisasi wartawan tertua di Indonesia yang didirikan di Solo pada tahun 1946. PWI berperan penting dalam memperjuangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalisme wartawan di Indonesia.

3. Diperingati di Berbagai Kota

Setiap tahun, HPN dipusatkan di kota yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk menyebarkan semangat pers dan meningkatkan peran pers di daerah. Tahun ini, HPN 2024 dipusatkan di Medan, Sumatera Utara.

4. Anugerah Pers dan Seminar

Pada perayaan HPN, biasanya diadakan berbagai kegiatan seperti Anugerah Pers untuk insan pers yang berprestasi dan seminar dengan tema yang berkaitan dengan pers.

5. Momen Refleksi dan Introspeksi

HPN juga menjadi momen bagi insan pers untuk melakukan refleksi dan introspeksi diri terhadap peran dan tanggung jawabnya dalam membangun bangsa. Pers diharapkan terus menjadi pilar demokrasi dan sumber informasi yang terpercaya bagi masyarakat.

6. Tantangan Pers di Era Digital

Di era digital, pers dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti hoaks, misinformasi, dan disrupsi teknologi. Pers harus mampu beradaptasi dan berinovasi agar tetap relevan dan dapat menjalankan perannya dengan baik.

7. Pers Merdeka dan Bertanggung Jawab

Di tengah berbagai tantangan, pers harus tetap teguh dalam menjalankan fungsinya sebagai pilar demokrasi dan sumber informasi yang terpercaya. Pers harus terus berpegang teguh pada prinsip-prinsip jurnalisme dan kode etik jurnalistik.

HPN 2024 diharapkan menjadi momentum bagi pers Indonesia untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.(*)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *