Don't Show Again Yes, I would!

Memprihatinkan, Puskesmas Tanalili Atap Bocor dan Lantai Sudah Rusak

LiteX.co.id, LUTRA – Sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat tingkat pertama, Puskesmas menjadi ujung tombak untuk menjaga masyarakat tetap sehat.

Kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah. Dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, puskesmas tidak lain adalah Pusat Kesehatan Masyarakat yang memberikan layanan atau fasilitas kesehatan pada masyarakat. Dalam hal ini, puskesmas berperan sebagai layanan kesehatan yang memberikan upaya promotif dan preventif untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera yang didukung oleh sarana dan prasarana puskesmas itu sendiri.

Namun sayangnya, salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Luwu Utara, tepatnya Puskesmas Kecamatan Tanalili, sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat di wilayah Tanalili dan sekitarnya, terlihat pemandangan yang tidak begitu elok yang memberikan rasa tidak nyaman kepada para pasien dan pengunjung di puskesmas.

Dari pantauan awak media, terlihat jelas bangunan rawat inap pada saat hujan plafonnya sudah ada yang bocor dan basah ketika hujan. Teras di depan kamar pasien rawat inap juga sudah rusak parah serta lantai water closed (WC) untuk pasien anak ikut juga rusak.

Rispandi yang akrab disapa Bung Jek selaku mantan Ketua Pemilar Tanalili ikut angkat bicara melihat kondisi bangunan dan lingkungan Puskesmas Tanalili pada saat ikut mengunjungi kerabatnya yang dirawat di puskesmas tersebut.

Puskesmas merupakan salah satu prasarana milik negara yang harus dijaga kondisi dan keberfungsiannya karena merupakan prasarana yang terdekat dan paling mudah diakses dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemeliharaan dan pengembangan bangunan gedung puskesmas menjadi penting dalam membantu penanggulangan masalah kesehatan masyarakat.

Puskesmas memiliki fasilitas gedung yang dipergunakan dalam aktivitas pelayanan kesehatan, namun fasilitas tersebut sering tidak diperhatikan perawatan dan pengembangannya. Sehingga, gedung yang mengalami kerusakan dan tidak berfungsi optimal berdampak kurang baik dalam proses pelayanan kesehatan. Agar bangunan puskesmas selalu dalam keadaan terawat dan memberikan kinerja secara optimal, maka diperlukan pemeliharaan dan pengembangan bangunan gedung sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan demi terciptanya kesejahteraan kesehatan masyarakat.

Bung Jek juga menambahkan terkait IPAL, sarana sanitasi di lingkungan puskesmas, karena melihat saluran got dan genangan air di depan kamar pasien yang ikut membuat aroma udara yang tidak membuat nyaman.

Lukman, Kepala Puskesmas Tanalili, saat dikonfirmasi awak media terkait bangunan puskesmas Tanalili, mengatakan, “Untuk bangunan, diupayakan ada pemeliharaan, tapi kembali lagi ke anggarannya. Kalau program untuk lingkungan PKM, insyaallah ada tahun ini, kembali lagi ke anggaran, kita upayakan ada solusi, karena pada saat rapat kemarin fokusnya di infrastruktur desa, rehab pustu, dan pemenuhan sarana desa.” Tutupnya.(baso rusdianto)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *