Don't Show Again Yes, I would!

Pemkot Palopo Gandeng Pelaku Usaha dan Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

LiteX.co.id, Palopo – Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani menghadiri Acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Sungai Jodoh, Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang pada Rabu, 21 Februari 2024.

Peringatan HPSN tahun ini mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, para pelaku usaha se-Kota Palopo, Camat Mungkajang, Lurah Murante, para pemerhati lingkungan, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palopo menyampaikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup atas penyelenggaraan acara HPSN di tempat yang indah. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan kota Palopo, yang merupakan kota jasa dengan alam yang indah.

Wali Kota Palopo juga mengungkapkan bahwa jumlah produksi sampah di Kota Palopo mencapai kurang lebih 90 Ton per hari. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi produksi sampah, terutama sampah plastik.

“Pelestarian alam kita bisa menjadi industri untuk mengurangi emisi karbon,” kata Asrul Sani.

“Kedepannya kami berharap bukan hanya mengurangi sampah tetapi juga bagaimana mengkompensasi karbon hingga menghasilkan uang,” Lanjutnya.

Acara ini dirangkaikan dengan penyerahan Surat Edaran Walikota Palopo tentang Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Palopo dan Pelaku Usaha tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai.
dilanjutkan dengan pemberian Bantuan Motor Tiga Roda kepada Bank Sampah Baruga Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) Kota Palopo, 1 Unit Motor Sampah dan Gerobak Sampah kepada Camat Mungkajang.

Asrul Sani juga memberikan penghargaan kepada para tenaga kebersihan yang memiliki pengabdian, kedisiplinan, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

Peringatan HPSN ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi penggunaan sampah plastik. Dengan kerjasama semua pihak, Kota Palopo dapat menjadi kota yang bersih, indah, dan nyaman untuk ditinggali.(*)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *