Don't Show Again Yes, I would!

Persiapan Matang, Ini Skenario Perpindahan ASN ke IKN

Foto: IKN

Kloter Pertama Juli-Agustus 2024, Tunjangan Pionir Disiapkan

Pemerintah terus mematangkan skenario perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Kloter pertama dijadwalkan pada Juli-Agustus 2024, diikuti periode selanjutnya.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, setelah bertemu Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, menjelaskan target awal adalah pemindahan ASN untuk persiapan upacara kemerdekaan RI di IKN pada Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan pada November dan Desember 2024.

Pemerintah mempertimbangkan insentif bagi ASN kloter pertama, seperti tunjangan pionir, sebagai apresiasi atas kepindahan mereka di tengah infrastruktur dan kebutuhan pokok yang belum lengkap.

ASN Pindah Harus Kuasai Digitalisasi

Anas menegaskan perpindahan ke IKN bukan hanya fisik, tetapi juga perubahan paradigma tata kelola pemerintahan terpadu secara nasional menuju smart government.

ASN yang pindah harus memiliki kompetensi seperti literasi digital, multitasking, memahami prinsip IKN, dan menerapkan nilai-nilai BerAKHLAK.

Pemindahan K/L Berdasarkan Peran Strategis

Pemerintah telah mendefinisikan peran strategis Kementerian/Lembaga (K/L) untuk menentukan prioritas pemindahan.

Kriteria yang digunakan meliputi peran K/L terhadap negara, daya saing, dan kemandirian ekonomi, serta peran dan fungsinya sebagai sistem pendukung pengambilan keputusan dan strategic enabler.

Persiapan Matang, Targetkan Kelancaran Perpindahan

Pramono Anung menegaskan persiapan pemindahan ASN ke IKN harus matang, karena tidak hanya memindahkan fisik, tetapi juga mengubah pola kerja menuju smart government.

Pemerintah akan membahas persiapan tersebut lebih lanjut pada pekan depan, dengan target perpindahan ASN berjalan lancar.(hiyotan)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *