Don't Show Again Yes, I would!

Sampaikan Evaluasi Serapan Anggaran Tahap I Tahun 2023, Supendi Temui Bupati Luwu

LiteX.co.id, LUWU – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan, Supendi bersama dengan Ikhwan Mahmud, Kepala KPPN Palopo, dan Wahyu Harmono, Kabid PPA II Kanwil DJPb Prov.Sulsel, mengadakan pertemuan dengan Bupati Luwu, Dr. Basmin Mattayang, di ruang kerja bupati, Kompleks Perkantoran Bupati Luwu, pada Selasa (20/6/2023).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Muh. Rudi, Kepala BPKAD Kabupaten Luwu, Moh. Arsal Arsyad, Kepala Bappelitbangda, Andi Palanggi, Kepala Bapenda, dan Ahmad Awwabin, Inspektur Kabupaten Luwu.

Kepala Kanwil DJPb Sulsel menjelaskan tujuan kunjungannya ke Kabupaten Luwu adalah untuk menjalin silaturrahmi sekaligus menyampaikan evaluasi penyerapan anggaran pada Tahap I tahun anggaran 2023.

“Dari beberapa sumber anggaran, terdapat dua hal yang perlu kami sampaikan, yaitu penyerapan anggaran DAK Fisik dan Dana Desa pada Tahap I tahun anggaran 2023,” kata Supendi.

Supendi menyampaikan bahwa Kabupaten Luwu perlu mempercepat penyerapan anggaran, mengingat dari total APBD sebesar Rp. 1,2 Triliun, baru sekitar Rp. 482 Miliar atau sekitar 40% yang telah direalisasikan.

“Meskipun sudah cukup bagus, Pemkab Luwu perlu mempercepat lagi, terutama karena sudah memasuki akhir semester 1. Seharusnya penyerapan anggaran sudah mencapai 50%, sekitar Rp. 600 Miliar,” jelas Supendi.

Supendi juga menyebutkan bahwa dana desa yang telah direalisasikan sebesar Rp. 60 Miliar dari total anggaran sebesar Rp. 173 Miliar.

“Semua dana desa seharusnya sudah masuk ke tahap II, mengingat tahap tersebut sudah dimulai pada bulan April. Oleh karena itu, diperlukan percepatan penyerapan anggaran, terutama untuk dana BLT agar masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya,” lanjut Supendi.

Selain itu, Supendi juga meminta agar dilakukan evaluasi pembangunan infrastruktur yang menggunakan dana DAK Fisik tahun anggaran 2020 dan 2021, terkait dengan prinsip manfaat dari bangunan tersebut.

“Jika ada yang ingin dikonsultasikan, silakan hubungi kami di KPPN Palopo atau kantor DJPb Sulsel. Kami siap menerima kunjungan,” tutupnya.

Bupati Luwu menyambut baik kunjungan Kepala Kanwil DJPb Sulsel beserta rombongan dan mengucapkan terima (*)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *