Don't Show Again Yes, I would!

Sidang Isbat Awal Ramadhan 1445H Digelar 10 Maret 2024, Ini Tahapannya

LiteX.co.id, NASIONAL – Umat Islam di Indonesia akan segera mengetahui kapan awal Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi. Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan pada Minggu, 10 Maret 2024 di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Sidang isbat ini akan digelar secara hybrid, yakni daring dan luring, dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

“Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, yang akan memaparkan posisi hilal awal Ramadhan berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Sidang isbat juga akan dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam, serta perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Selain itu, pihak Kemenag juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang isbat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menjelaskan sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah yang dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Bimas Islam.

Kedua, sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Shalat Magrib. Sidang isbat akan merujuk pada data hisab dan hasil rukyatul hilal untuk menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah.

Ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag. Konferensi pers ini akan mengumumkan hasil sidang isbat dan menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan awal atau 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Senin, 11 Maret 2024, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

“Di wilayah Indonesia tanggal 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin Pahing, 11 Maret 2024,” demikian bunyi surat Majelis Tarhih dan Tajdid PP Muhammadiyah.(hiyotan)

Share:

Ocha

Pegiat teknologi. Saat ini sedang berkuliah di salah satu institut kota malang. memiliki mimpi menjadi seorang full web developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *